Jasa Pasang CCTV | Harga Pasang CCTV | Toko CCTV Terdekat | Paket CCTV Murah

Penyebab CCTV Sering Offline atau Mati

Penyebab CCTV Sering Offline

Penyebab CCTV sering offline – Apakah Kamera CCTV di rumah Anda tiba-tiba mati? Jika iya, inilah beberapa penyebab dan cara mengatasi CCTV yang mendadak mati total.

Untuk meningkatkan keamanan sebuah rumah / gedung, biasanya pemilik bangunan akan menggunakan jasa security untuk memperkuat keamanan.

Namun di sisi lain, biasanya orang juga melengkapi bangunan mereka dengan kamera CCTV yang dipasang di sudut-sudut ruangan. Tujuannya untuk memantau setiap sudut bangunan secara real-time.

Untungnya zaman sekarang sudah ada berbagai jenis CCTV di pasaran. Dengan begitu Orang dapat memilih jenis kamera CCTV sesuai dengan kebutuhan dan selera mereka.

Namun tak peduli apa pun jenis CCTV yang Anda gunakan saat ini, tak bisa dipungkiri kalau ada beberapa masalah yang sering dialami oleh CCTV. Salah satu masalah yang kerap dialami CCTV adalah kamera yang mendadak offline atau mati.

Baca Juga: Penyebab CCTV Offline di Smartphone

Apakah kalau kamera CCTV mendadak mati, itu artinya dia rusak total dan tidak bisa dipakai lagi? Belum tentu. Agar tak langsung mengganti CCTV, Anda harus cari tau dulu penyebab kamera CCTV tersebut kenapa mendadak mati.

Perlu kita ketahui, dalam melakukan perawatan kamera CCTV atau bisa juga kita sebut maintenance. Ada beberapa tahapan dalam pengecekannya, diantaranya :

1. Power Kamera

Adaptor (untuk kamera analog), PoE Switch (untuk kamera IP) adalah sumber listrik dari sebuah kamera CCTV. Jika bagian yang satu ini mati, otomatis kamera CCTV Anda juga akan ikut mati. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini? Mudah saja.

Anda bisa memulainya dengan memeriksa CCTV menggunakan alat (Avometer / Multitester, Lan Tester untuk kamera IP). Periksa apakah kamera CCTV-nya masih bisa menyala atau sudah mati total. Biasanya jika adaptornya saja yang bermasalah, hal tersebut tidak akan mempengaruhi kamera CCTV-nya. Anda hanya perlu mengganti adaptor lama dengan yang baru.

2. Kamera CCTV

Jika kamera CCTV Anda rusak, maka otomatis gambar yang dikirim dari DVR atau NVR ke monitor juga akan mati. Parahnya lagi, tidak akan ada penyimpanan dari sebuah rekaman. Saat Anda menemukan kamera CCTV mati, masih ada dua kemungkinan. Jika infra merah yang ada di CCTV masih hidup, itu artinya hanya lensa kamera yang rusak.

Tapi jika infra merah di kamera CCTV mati, itu artinya kamera CCTV masih bisa merekam gambar, tapi hanya saat siang hari saja. Solusinya apa? Anda bisa memperbaiki kamera CCTV tersebut. Tapi jika tidak mau repot-repot membetulkannya, Anda bisa membeli kamera CCTV yang baru.

3. DVR atau NVR

Jika Anda masih asing dengan DVR atau NVR, jadi DVR / NVR ini adalah bagian terpenting dari CCTV. Kalau bagian ini tidak berfungsi dengan normal, maka CCTV tak akan berjalan dengan baik juga. Kalau DVR / NVR Anda mati, Anda bisa memperbaikinya ke tempat service terdekat. Atau jika punya budget yang cukup, Anda juga bisa membeli alat DVR / NVR yang masih baru.

4. Port Conector / Port Lan

Setelah Anda memeriksa power dari Kamera dan Recorder namun ternyata tidak ada masalah pada mereka, mungkin yang bermasalah adalah port konektor atau port Lan yang ada di Recorder. Lalu bagaimana cara memperbaiki port konektor atau port Lan yang rusak? Anda bisa memeriksa apakah port tersebut benar-benar rusak atau tidak dengan memindahkannya ke perangkat lain yang masih berfungsi. Jika port-nya benar-benar rusak, maka port tersebut juga tidak akan berfungsi di perangkat lain.

5. Instalasi Kabel

Sebenarnya ini adalah masalah umum yang sering dihadapi oleh CCTV. Mungkin saat CCTV bermasalah, orang akan lebih fokus pada bagian kamera CCTV atau Recorder-nya saja. Mereka mungkin tidak memperhatikan bagian kabelnya apakah masih bagus atau tidak. Biasanya beberapa installer CCTV ada yang hanya memasang kabel ala kadarnya.

Mereka tidak memasang kabel dengan rapi atau tak melindunginya dengan alat tambahan (khususnya untuk CCTV outdoor). Makanya kabel CCTV bisa rusak. Kerusakan kabel CCTV juga bisa disebabkan oleh faktor lain. Misalnya kabel putus karena digigit tikus atau hewan pengerat lainnya. Apa pun penyebabnya jika kabel CCTV Anda putus, Anda bisa membeli kabel baru yang lebih berkualitas. Supaya kejadian seperti itu tak terulang kembali.

Baca Juga: Penyebab Rekaman CCTV Putus-Putus

Itulah cara beberapa penyebab CCTV sering offline, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan dan informasi lebih lanjut terkait pemasangan dan perbaikan CCTV atau sistem keamanan lainnya silahkan hubungi teknisi kami 082129777206

Jasa Pasang dan Perbaikan CCTV

jasa perbaikan cctv

Apakah saat ini Anda sedang mencari jasa pasang, maintenance, atau perbaikan CCTV? Maka perusahaan kami adalah solusi yang tepat untuk permasalahan Anda. Didukung dengan tim teknisi yang handal, terampil, dan profesional BOSS CCTV hadir memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk solusi CCTV dan sistem keamanan Anda.

Jangan tunggu kemalingan baru pasang CCTV!! Lindungi bisnis dan aset berharga Anda!! Pasang CCTV Sekarang!! Hubungi tim marketing kami untuk pemasangan CCTV dan sistem keamanan lainnya.

Whatsapp : 082129777206 / Email : dm@bosscctv.id

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published.